Cara Memilih KOL (Key Opinion Leader)

BACA JUGA:  Peluang Bisnis dengan Media Sosial 

Saat ini para konsumen sangat aktif dalam social media. Sebuah brand diharuskan membangun image dan mengikuti alur modernsasi pada dunia digital. Untuk meningkatkan pasar yang lebih spesifik, menggunakan influencer marketing atau sering disebut KOL (Key Opinion Leader) kian marak untuk mempromosikan sebuah brand atau produk terkini. Sederhananya, KOL adalah individu yang ide, ucapan dan kontennya diyakini oleh orang-orang (netizen) berpengaruh positif. Maka dari itu, semua brand harus teliti dalam memilih influencer untuk produk mereka.

Sebelum menentukan KOL (Key Opinion Leader), para brand harus tau cara memilih influencer atau KOL yang tepat, yaitu:

  1. Kenali audience atau konsumen Anda

Poin ini penting saat pertama kali anda ingin menggunakan Key Opinion Leader (KOL) dengan mengetahui target konsumen yang akan anda tuju. Poin ini sangat penting dilakukan agar memudahkan Anda dalam memilih siapa Key Opinion Leader (KOL) yang paling sesuai dan cocok dengan produk Anda.

  1. Followers

Berapa banyaknya followers yang dimiliki oleh influencer atau Key Opinion Leader yang Anda pilih sangat berpengaruh pada pemasaran produk Anda. Semakin banyak followers yang dimiliki semakin mudah Anda mengestimasi seberapa banyak audiens atau konsumen yang akan melihat pesan tersebut. Tetapi, Anda juga harus waspada dengan fake followers yang akhir-akhir ini marak digunakan untuk mempercepat atau menigkatkan followers. Sudah jelas influencer  yang memiliki fake followers tidak baik untuk digunakan untuk marketing produk atau brand Anda.

  1. Engagement

Pemasar perlu mengetahui bagaimana keterlibatan audiens pada post seorang KOL. Karena bagaimanapun, KOL nantinya yang akan menjadi penyambung sebuah brand kepada followersnya. Seorang influencer yang baik, kontennya pasti akan selalu ramai dengan aksi dari followersnya.

  1. Relevansi Brand

Seorang marketing perlu untuk memiliki KOL yang tepat dan mana yang memang cocok dan bergerak dalam bidang yang sama. Mereka perlu untuk mengetahui fokus konten dari KOL yang akan diajak kerjasama tersebut. Ini untuk memastikan bahwa setiap konten yang kalian berikan kepada KOL akan bisa diterima dengan baik oleh para followers influencer.

Misalkan produk yang akan Anda pasarkan adalah produk kecantikan, maka KOL atau influencer yang paling tepat adalah beauty blogger atau beauty vlogger.

Setelah Anda menemukan influencer yang tepat, Anda juga wajib memastiakn bahwa konten yang buat kepana followers nya nanti tepat sasaran.

Anda harus tau bahwa influencer hanya sebagai perantara agar konsumen yang anda tergetkan mengetahui brand ataupun produk Anda, dan hal ini dilakukan melalui konten yang akan di posting oleh influencer.

Perkembangan dunia digital di Indonesia yang sedemikian pesat, memberikan kemudahan suatu produk untuk melakukan promosi secara online. Salah satunya, dengan menggunakan jasa influencer.

Profesi ini biasanya merupakan kalangan youtuber, selebgram, maupun blogger serta artis, yang memiliki banyak follower atau pengikut di media sosial (Medsos).

Pasalnya, semakin terkenal seorang influencer, semakin besar pula power yang dimiliki untuk “mempengaruhi” banyak orang terutama pengikutnya untuk membeli suatu produk.

Founder Inhands Agency Deo Cardi mengatakan, pihaknya bahkan membuat divisi khusus berkolaborasi dengan Digital Creator Network untuk membantu brand jika membutuhkan jasa menemukan KOL / Influencer yang tepat dengan mengelola Influencer, KOL, Digital Creator atau Content Creator  mulai dari pembuatan ide, pemilihan talent, pengisian report, pembuatan content photo atau design serta editing video, hingga pengaturan jadwal posting content di platform Youtube, Instagram, Tiktok atau aplikasi social media lainnya tersebut.

Jika Butuh Jasa Mengelola Influencer mulai dari mengelola Influencer, KOL, Digital Creator atau Content Creator  mulai dari pembuatan ide, pemilihan talent, pengisian report, pembuatan content photo atau design serta editing video, hingga pengaturan jadwal posting content di platform Youtube, Instagram, Tiktok atau aplikasi social media lainnya tersebut. Kami siap membantu Brand menemukannya, jangan sungkan menghubungi kami untuk melihat portofolio project dan bekerjasama dengan kami di bawah ini

Bir Bintang Indonesia | Digital Creator Network
Genzomono | Managed by Digital Creator Network
Warung Wakaka | Managed by Digital Creator Network

https://wartaekonomi.co.id/read398616/cara-memilih-kol-key-opinion-leader-dan-influencer-management-yang-tepat

Inhands Agency dan Digital Creator Network juga sudah menjadi agency partner yang sudah menyelesaikan lebih dari 100+ Project dengan bermacam-macam Brand kategori F&B, SkinCare, Fashion & Lifestyle dan berkerjasama dengan lebih dari 1000+ Influencer, KOL, Digital Creator atau Content Creator dengan berbagai bidang,  sehingga kami mempunyai pengalaman dan bisa memberikan jasa Influencer Management, KOL Management, Influencer Tiktok, Youtuber, Selebgram, Content Creator Management dengan Digital Creator Network untuk menyebarluaskan sebuah campaign dan awarness dari brand,” ungkap Deo Cardi

BACA JUGA:  Peluang Bisnis dengan Media Sosial 

Dhira Harsya

Dhira Harsya

Leave a Replay

About Us

We are Inhands Agency, a fast-growing digital agency based in Jakarta. We called ourself as a brands’ advocate. We help brands go digital and create a meaningful digital experience journey to clients.

Recent Posts

Youtube

Instagram

Tik Tok

Hubungi via WA
Halo, ada yang bisa kami bantu? 😁😁
~ CS Inhands Agency