Fitur Shoppable Button Instagram. Praktis, Tapi Perlu Nggak Sih?

Home / Article / Fitur Shoppable Button Instagram. Praktis, Tapi Perlu Nggak Sih?

Meski tidak baru lagi, fitur shoppable button masih terus berkembang dan digunakan oleh berbagai macam brand, mulai dari brand kenamaan sampai dengan brand-brand yang baru menetas. 

 

Instagram bagaikan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Ketika tahu bahwa begitu banyak brand menggunakan Instagram untuk berkomunikasi dengan para customer-nya, Instagram menyediakan ruang agar si customer juga bisa langsung berbelanja di Instagram tanpa harus mengandalkan aplikasi marketplace lainnya. User experience yang inilah yang digadang-gadang menjadikan fitur  Instagram Shoppable Button berkembang pesat. Kenyamanan dan serba instan, kedua kata kunci ini merupakan kiat Instagram untuk mengalahkan para pesaingnya. 

 

—–

Pernah nggak sih kamu udah ngerasa relate banget sama suatu brand dan berlanjut ‘follow’ brand tersebut di Instagram? Kita pasti nggak mau ketinggalan momen untuk membeli produk brand tersebut. Apalagi kalau brand yang bersangkutan sedang launching produk/jasa barunya. That ‘Fear of Missing Out’ is so strong too handle. Ciyee… siapa nih yang bisa relate? :p

 

Tapi masalahnya, brand tersebut belum menggunakan fitur shoppable buton di Instagram. Hal ini pun memaksa kamu untuk keluar dari laman Instagram menuju marketplace atau e-commerce rekanan brand favoritmu itu. Yang jadi masalah, kamu belum punya aplikasi e-commerce itu di smartphone-mu. Kamu jadi harus download dan install aplikasi dulu deh sebelum akhirnya bisa belanja produk tersebut. Eh tapi, si bos udah manggil untuk bareng klien tuh. Akhirnya kamu lupa dan pada akhirnya kamu gagal belanja. What a big huft!

 

Fenomena ini nggak hanya terjadi untuk satu brand. Pasalnya, kamu pasti punya beberapa brand favorit, kan? Dan sampai saat ini, kayaknya belum ada deh e-commerce yang menyediakan semua brand di satu tempat. Semisal, brand A ada di e-commerce b, tapi brand B yang juga jadi brand andalanmu malah rekanan sama e-commerce b. Kami sih yakin, kalau nggak perlu-perlu banget dan kalau bukan karena promo gratis ongkir, kamu nggak bakal download semua aplikasi e-commerce itu di smartphone.

 

Nah, permasalahan inilah yang berusaha di encounter oleh Instagram. Meski kedengarannya remeh-temeh, namun di dunia bisnis, keputusanmu untuk menunda belanja hanya karena harus download aplikasi e-commerce terlebih dulu menjadi agenda yang sangat penting yang harus segera diperbaiki. Karena itu berarti, sebagai customer kamu merasa tidak dimudahkan dengan tidak nyaman dengan sistem yang sudah ada. Instagram menggunakan kesempatan ini untuk membangun fitur shoppable button-nya. Dengan menggunakan fitur ini, harapannya brand bisa menarik customer-nya menuju website melakukan pembelian secara langsung. 

 

Lalu, apa aja sih keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu pakai fitur ini? Gimana dengan brand-brand yang belum menggunakan fitur ini? Apakah lantas nggak jauh lebih untung dibanding brand yang pakai fitur shoppabe button? Yuk deh kita bedah satu-satu! 

 

Alasan Kenapa Kamu Perlu Fitur Shoppabe Button:

 

  • Merupakan bentuk dari ‘call-to-action’  paling efektif. Tanpa perlu menambahkan kalimat seperti ‘Yuk kunjungi website kami sekarang’ atau ‘Hubungi kami untuk informasi produk dan harga di Line xxx’, shoppable button memudahkan customer untuk mengecek harga dan membawa mereka menuju langsung ke website
  • Meningkatkan traffic website. Jarang sekali ada customer yang berhenti hanya untuk mengetahui harga. Lebih jauh (jika produk yang ditawarkan menarik), customer juga akan mengecek katalog produk di website. Peningkatan aktivitas di website inilah yang dinamakan traffic. 
  • Cocok untuk brand yang udah stable atau middle to high. Brand-brand yang biasanya menggunakan fitur shoppable button adalah brand yang sudah memiliki basis penggemar yang kuat. Hal ini bisa dilihat dari tingginya engagement dan followers di akun Instagram brand tersebut. Kenapa begitu? Dengan banyaknya basis penggemar,  itu artinya produk buatanmu selalu ditunggu-tunggu oleh para customer. Dengan begitu, kamu tidak akan sia-sia menggunakan fitur ini. 
  • Jangan gunakan fitur shoppable button jika produk yang kamu jual hanya sedikit. Ini penting untuk diperhatikan. Fitur Instagram satu ini cocok untuk brand yang punya diversifikasi produk, seperti brand fesyen yang mengeluarkan lini baru di setiap musimnya. Jika produkmu masih bisa dihitung dengan jari, itu tandanya kamu nggak perlu-perlu amat menggunakan shoppable button. 

 

Lantas. gimana dengan brand kecil yang belum stable dan belum punya banyak basis penggemar? Tenang… yang kamu harus lakukan adalah membangun kepercayaan melalui perbaikan produk/jasa yang ditawarkan dan customer service yang memuaskan. Selain itu, kamu juga bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini:

 

  • Jangan ragu untuk mencantumkan harga di caption. Ini langkah kecil yang bisa kamu mulai lakukan, apalagi kalau produk yang kamu jual banyak ragamnya. Hal ini akan memudahkan para customer. Dengan pencantuman harga, customer seakan bisa menyortir dirinya sendiri, apakah produk tersebut mampu mereka belanjakan atau tidak. Selain itu, dengan mencantumkan harga, customer jadi lebih mudah mengetahui harga tanpa perlu bertanya lagi. 
  • Hubungkan link di bio Instagram langsung ke kontak yang bisa dihubungi, jadi konsumen akan lebih mudah menjangkaumu. Sesungguhnya, kunci dari belanja online adalah kenyamanan konsumen. Jika terlalu banyak langkah yang harus customer erahkan untuk mendapatkan produk yang kamu jual, maka hasrat untuk membeli barang juga akan semakin kecil. 
  • Bangun website sebagai katalog. Selain mencantumkan visual dan harga dari produk yang ditawarkan, jangan lupa untuk memperhatikan detail, seperti deskripsi produk. Semisal, terbuat dari apa produk tersebut, apa saja bahan baku yang digunakan, size dan ukuran produk, dan lain sebagainya. Jika sudah tersedia, customer bisa langsung melipir ke laman website untuk window shopping. 

 

Artikel ini diolah dari berbagai sumber berikut:

https://www.bigcommerce.com/blog/instagram-shopping/

https://adespresso.com/blog/instagram-shoppable-tags/

https://swat.io/en/update/instagrams-new-shopping-feature/

https://blog.hootsuite.com/insta-shopping-tips/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 12 =