21 Years and Still Growing Strong!

Home / Article / 21 Years and Still Growing Strong!

27 September 2019 menandai 21 tahun kejayaan Google LLC sebagai salah satu perusahaan jasa dan produk Internet terkemuka di dunia. Kelahiran Google sebagai mesin pencari bermula dari sebuah garasi milik Susan Wojcicki yang kini jadi CEO YouTube. Dilansir dari Majalah Forbes, sampai saat ini Google tercatat memiliki total asset sebesar 101 milyar dolar, menyaingi pesaing sejatinya, Apple Corp.

Meski bermula sebagai perusahaan yang berfous pada teknologi mesin pencarian, namun Google terus mengembangkan layanan dan produknya ke berbagai bisnis lainnya. Layaknya sebuah brand yang pintar membaca keadaan pasar, Google dengan cepat beradaptasi dan cermat membaca masa depan perkembangan teknologi. Menurut Business Insider, sampai saat ini Google tercatat memiliki 38 jenis produk dan layanan yang bergerak di bidang teknologi informasi. 21 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjalani bisnis, namun jika melihat sepak terjang Google selama rentang 21 tahun tersebut, Google jelas punya motivasi besar sehingga dapat tumbuh dan berkembang dalam waktu yang relatif singkat.

Produk dan layanan Google adalah warisan bagi dunia. Setidaknya, ada beberapa produk dan layanan Google yang paling berpengaruh tidak hanya bagi pelaku bisnis dan marketing, namun juga bagi masyarakat awam, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • com

Pada masa awal kemunculannya, mesin pencarian google.com tak ada bedanya dengan pesaingnya, Yahoo! dan AltaVista. Indikator keberhasilan mesin pencari sebenarnya berada pada user experience atau kenyamanan pengguna. Dilansir dari artikel Tirto.id, kala itu Yahoo! dan AltaVista memiliki kekurangan yang serupa, yaitu pengguna harus beberapa kali melakukan klik berkali-kali guna menemukan laman web yang tepat. Selain itu, pengguna Yahoo! dan AltaVista seringkali menghadapi masalah yang sama: kedua mesin pencari tersebut menghasilkan ratusan hasil yang tidak relevan.

Dalam hal ini, mesin pencarian Google menginvestasikan lebih banyak usaha untuk mengembangkan algoritma yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI). Pengembangan teknologi tersebut berhasil mencatat consumer behavior penggunanya sehingga dapat dengan cermat mengkonversi keyword menjadi hasil pencarian yang relevan sesuai dengan keinginan pengguna.

Google.com kini menjelma menjadi mesin pencarian paling banyak dikunjungi dan digunakan di seluruh dunia. Menurut laporan netmarketshare tahun 2018, mesin pencarian google mendominasi pasar sebesar 81%, dan diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan kebutuhan mendapatkan informasi digital secara cepat dan praktis di masa depan.

 

  • Android

Pada tahun 2007, Google kembali melakukan diversifikasi bisnis di ranah teknologi lainnya dengan meluncurkan sistem operasi Android. Google berusaha mendominasi

pasar menyokong sistem operasi sebuah ponsel pintar dan perangkat teknologi lainnya.

Meski sering dibandingkan dengan pesaingnya, iOS dari perusahaan Apple Corp, namun kehadiran android pada ponsel pintar yang punya segmentasi pasar yang lebih

luas (mulai dari menengah bawah sampai menengah atas), jelas menguntungkan Google. Dari Data statistik yang dirilis statista.com, dalam rentang waktu sepuluh tahun,

atau sejak 2009, Android masih merajai pasar dunia dengan penjualan sebesar 85.9%

atau 330 juta unit.

 

  • AdWords

Sejak diluncurkan, Google AdWord telah membantu bisnis kecil dan menengah dengan

memberikan layanan data statistik terperinci tentang target konsumen dan pencapaian

penjualan dalam suatu periode tertentu.

Kehadiran Google AdWords mengeliminasi jasa ahli pemasaran dengan membiarkan

penggunanya menentukan strategi dan target pasarnya sendiri. Meski semuanya seakan dikerjakan secara mandiri, namun Google AdWords memiliki benefit yang esensial, diantaranya seperti:

  • Meraih audiens dengan menggunakan keyword yang relevan dengan iklan
  • AdWords memberikan batasan audiens dengan menentukan geofrafis audiens, dengan begitu, suatu brand akan lebih mudah meraih audiens di wilayah geografis yang sama
  • Memberikan hasil iklan yang terperinci, sehingga di masa depan brand bisa mengetahui efektivitas iklan dan dapat beriklan dengan menyesuaikan apa yang dihasilkan dari iklan sebelumnya.

 

  • Maps

Setiap pengguna smartphone pastilah pernah menggunakan layanan Google Maps, meskipun hanya sekali dalam hidupnya. Tidak hanya berguna sebagai peta digital, kehadiran Google Maps juga telah mengkoneksikan jutaan bisnis dan jasa transportasi online di seluruh dunia

Jika dulu Google Maps hanya mengandalkan layanan peta digital untuk menunjukkan arah tujuan. Satu dekade berselang, kini Google Maps tumbuh sebagai peta digital multifungsi yang informatif. Lewat Google Maps, kamu bisa mengetahui SPBU terdekat dari tempat kamu berada sekarang, durasi perjalanan dengan moda transportasi yang berbeda, monitoring kemacetan secara langsung, sampai menghubungkan pengguna dengan jasa transportasi online seperti Gojek dan Grab

 

  • Translate

Berhasil meruntuhkan kendala bahasa, Google Translate juga terus mengembangkan

diri agar hasil alih bahasa dapat sempurna.

Kamu mungkin hanya menggunakan Google Translate untuk mempermudah proses alih bahasa tugas atau pekerjaan bilingualmu. Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa kehadiran Google Translate telah membantu jutaan manusia dalam berkomunikasi dengan native speaker ketika berada di negara lain, atau bahkan dalam proses bisnis dengan rekan kerja asing. Meski alih bahasa belum seratus persen sempurna, Google Translate terus bekerja sama dengan para ahli bahasa profesional maupun amatur untuk turut membantu menyempurnakan proses alih bahasa tersebut.


Tidak hanya mengembangkan produk dan layanan berbasis teknologi, Google juga menyadari betapa pentingnya peran manusia. Google sangat menghargai tumbuh dan kembang setiap karyawannya dengan memberikan beragam program pelatihan pengembangan diri, serta kebebasan di berbagai aspek, seperti dalam hal berpakaian, waktu dan lokasi kerja yang flesibel, serta fasilitas yang amat memadai. Sudahkah kamu menonton ‘Google Interns’ First Week’? Simak video di bawah ini untuk dapat memahami bagaimana idealnya suatu perusahaan tumbuh dan berkembang bersama karyawannya.

 

 

Mesin pencarian google pertama kali dibangun di garasi kecil. Hingga sampai saat ini, Google memiliki lebih dari 50 ribu karyawan di 50 negara.

 

Everyone starts small. Begitupula dengan Google. Siapkah kamu untuk tumbuh dan berkembang layaknya Google?

 

“In a world full of fear, be courageous. Grow stronger like Google!”

 

Artikel ini diolah dari berbagai sumber:

https://www.businessinsider.com/a-list-of-google-products-2014-9?IR=T

https://tirto.id/lahirnya-google-sang-mesin-segala-tahu-cWeA

https://techstory.in/google-innovation-20-disrupt/

https://www.reliablesoft.net/top-10-search-engines-in-the-world/

https://www.activecampaign.com/blog/is-google-adwords-worth-it-for-small-business

https://theconversation.com/how-will-googles-innovation-continue-beyond-its-20th-year-102240

https://www.independent.co.uk/life-style/gadgets-and-tech/news/google-translate-how-work-foreign-languages-interpreter-app-search-engine-a8406131.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =